Pesatnya
kemajuan teknologi telekomunikasi, media, dan informatika atau disingkat
sebagai teknologi telematika serta meluasnya perkembangan infrastruktur
informasi global telah merubah pola dan cara kegiatan bisnis yang dilaksanakan
di industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
masyarakat informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan
untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan
masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai
keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi
teknologi telematika secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam
“digital divide” yang semakin tertinggal terhadap negara-negara maju. Indonesia
perlu melakukan terobosan agar dapat secara efektif mempercepat pendayagunaan
teknologi telematika yang potensinya sangat besar.
Teknologi
informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat dilepaskan dengan
telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah
mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara lain dalam alam
perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan
jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi
dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia.
Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja
harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang
sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.
Berbagai macam
bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat.
Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha
bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak yang pasti adalah
akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih efisien dalam arti benefit
to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan pemerataan
distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak yang akan muncul penggunaan
telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu :
1. Penghematan transportasi dan
bahan bakar.
2. Menghindarkan jam-jam yang
tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan konsep kegiatan
tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan banyak pilihan
sarana telekomunikasi.
Adapun Dampak positif dari
perkembangan telematika :
1. Kemudahan dalam
memperoleh Informasi secara cepat.
Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu
juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada
sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
2. Transparasi
dalam Informasi.
Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.
3. Kemudahan dalam
memperoleh data.
Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan
Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
4. Penghematan
Waktu.
Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan
transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet
atau ponsel genggam.
5. Keuntungannya bagi
masyarakat
Ø Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat
menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam
diversifikasi kebutuhan.
Ø Manfaat internet dalam e Goverment bisa
meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk
masyarakat.
Ø Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara
nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
Ø Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam
perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda
membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak
ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce
(e-commerce).
Ø Pembangunan sektor Telematika diyakini akan
memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya.
6. Keuntungannya
bagi anak – anak
Ø Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah
penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar
membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini
perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment)
yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Ø Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program
aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan
tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games
dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran
(role-play).
Ø Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar,
akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara
yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak
mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan
terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Dampak Negatif Telematika:
1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan
menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah
cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank,
sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk
keuntunganpribadi.
2. Penyebaran virus atau malicious ware
fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran
informasi bagi si penipu.
3. Kejahatan Telematika sebagai
Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human
trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
4. Kejahatan telematika merugikan
individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah
mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang
didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
5. Kejahatan telematika merugikan
Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang
dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun
1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini
dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak
pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.
Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak
adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.
6. Adanya cyber crime yaitu mengkloning data
7. Menyadap data
8. Mengubah data tanpa seizin pemilik data
Kekurangannya bagi anak. Melalui internetlah berbagai
materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan
tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu
dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran
seks, saat tengah Surfing(“berselancar”) di internet.
Lalu ada beberapa cara yang dapat
dilakukan meminimalisir dampak negatif Telematika
1.
Cegah kecanduan
Pengaruh
negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada
komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas
menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain
komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan
bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak
soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang
sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih
longgar dapat diberikan pada hari libur. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan
agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan
yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh
orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar,
diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
2. Peran penting orangtua
a.
Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya
memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi
anak saat bermain komputer.
b.
Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer
sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak
bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
c.
Perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek tertentu, termasuk pada
fisik seseorang. Karena perhatikan juga amsalah tata ruang dan pencahayaan.
Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu
indera penglihatan anak.
d.
Pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak.
Sekalipun yang dipilih merupakan program edutainment ataupun games, sesuaikan
selalu dengan usia dan kemampuan anak.
e.
Perhatikan keamanan anak saat bermain komputer dari bahaya listrik. Jangan
sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum terkena bagian tertentu
dari badan Central Processing Unit (CPU) komputer.
f.
Carikan anak meja atau kursi yang ergonomis (sesuai dengan bentuk dan
ukuran tubuh anak), yang nyaman bagi anak sehingga anak dapat memakainya dengan
mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala harus mendongak yang
dapat menyebabkan kelelahan. Alat kerja yang tidak ergonomis juga tidak baik
bagi anatomi anak untuk jangka panjang.
g.
Bermain komputer bukan satu-satunya kegiatan bagi anak. Jangan sampai anak
kehilangan kegiatan yang bersifat sosial bersama teman-teman karena terlalu
asik bermain komputer.
Pengaruh positif
atau negatif yang bisa muncul dari Telematika tentu saja lebih banyak
tergantung dari pemanfaatannya. Bila penggunaan teknologi yang
memadukan media elektronik dengan informasi ini secara sembarangan, pengaruhnya
bisa jadi negatif. Sebaliknya, akan memberikan pengaruh positif bila digunakan
dengan bijaksana.
A. Dampak kejahatan yang diakibatkan dari
Telematika yang sering terjadi di Indonesia,:
1. Pornografi
2. Cyber-Stalking
3. Cyber-Tresspass
4. Pembobolan ATM
5. Hacker-Cracker
B. Dampak Positif dengan adanya Telematika di
Indonesia antara lain:
1. Adanya E-Book menghemat produksi kertas
2. Penghematan waktu dalam segi E-commerce, E-business
3. Pemanfaatan Satelit
4. GPS
5. Video-Conference
Hal-hal yang
harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika adalah dengan
menggunakan Teknologi Informasi sesuai dengan kebutuhan jangan lakukan hal-hal
yang tidak terlalu penting seperti bermain game karena hal tersebut akan
menyebabkan kecanduan, lalu cara lainnya adalah dengan memblokir
halaman-halaman yang tidak bersifat edukatif dan yang terakhir adalah tidak
menggunakan Teknologi Informasi untuk berbuat kejahatan dan membuat kebijakan
seperti aturan dari penggunaan akses Teknologi Informasi sesuai hokum yang
berlaku di kementrian komunikasi dan informatika.
Fungsi
Telematika tentunya sebagai penjembatan informasi yang luas dan kemudahan
akses, penggunaaan telematika diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat dengan
berbagai informasi yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam
mengakses informasi. akan lebih mudah untuk mengetahui perkembangan informasi
melalui layanan telematika
SUMBER :
http://rap0501.blogspot.co.id/2014/10/apa-itu-telematika.html
http://dwisucisaraswaty.blogspot.co.id/2014/11/dampak-telematika.html
http://syifaauziyah.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-telematika.html
http://mastersoftskill.blogspot.co.id/2015/10/telematika-pengertian-perkembangan.html
http://cacajes.blogspot.co.id/2015/10/definisi-serta-dampak-dari-telematika.html
https://dim24.wordpress.com/2011/10/11/pengertian-dan-perkembangan-telematika-di-indonesia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar